5 Fakta Menarik Tentang Ikan Cupang, Ikan Hias Dari Asia Tenggara Yang Menawan dan Agresif

Siapa yang tidak tahu dengan ikan cupang? ikan hias yang sangat terkenal dan sudah banyak masyarakat Indonesia yang memelihara ikan ini.

Mereka terkenal dengan warna siripnya yang indah, dan sifat agresifnya terhadap cupang lain, hal ini yang menjadi ikan cupang sering dijadikan ikan aduan.

Fakta Menarik Ikan Cupang

jenis ikan cupang

Kenapa ya ikan cupang bisa agresif sekali? Lalu ada fakta menarik apa saja yang dimiliki ikan ini? Kamu penasaran kan? Nah, berikut adalah fakta menarik tentang ikan cupang yang mungkin kamu belum tahu.

1. Terdiri dari banyak spesies

Ikan cupang adalah ikan hias yang tergabung dalam genus Betta. Menurut laman rumahfauna.com ada sekitar 70 spesies dan spesies yang terkenal di antaranya cupang petarung siam yang berasal dari Sungai Mekong dan cupang Jawa.

2. Berasal dari Asia Tenggara dan mendunia

Semua spesies ikan cupang berasal dari Asia Tenggara, termasuk Thailand, Kamboja, Laos, Vietnam, dan Indonesia.

Ikan ini sudah dipelihara dan dijadikan ikan adu sejak zaman dulu. Kini popularitas ikan cupang sudah sangat mendunia. Banyak sekali yang memelihara ikan cupang karena keindahannya dan keagresifannya..

3. Merupakan ikan yang sangat agresif

Kenapa ya ikan cupang sangat agresif, khususnya ikan jantan? Itu karena ikan cupang merupakan hewan yang sangat teritoria.

Khususnya ikan jantan, mereka akan langsung menyerang jika ada ikan lain yang masuk ke wilayahnya.

Mereka akan saling menyerang termasuk menggigit satu sama lain sampai menyebabkan luka-luka bahkan kematian.

Bagaimana dengan cupang betina? Cupang betina akan mengintimidasi jika ada lawannya yang mendekat. Bedanya cupang betina tidak seagresif ikan jantan.

4. Ikan yang mudah dipelihara

Alasan lain yang membuat ikan cantik ini jadi banyak disukai orang karena mereka tergolong ikan yang mudah dipelihara.

Mereka juga tidak perlu air yang mengandung banyak oksigen, itu karena ikan cupang dapat mengambil oksigen langsung dari udara dengan labirin.

Disamping itu, ikan cupang merupakan hewan omnivora alias pemakan segalanya termasuk tumbuhan. Makanan ikan meliputi serangga, cacing, dan ganggang.

5. Sangat cerdas

Cupang juga ikan yang sangat cerdas dan bisa mengenali trik yang diajari pemiliknya. Mereka sangat cepat belajar seperti kucing dan anjing. .

Nah, itulah lima fakta menarik tentang ikan cupang, si cantik yang sangat agresif. Apakah kamu sudah tertarik untuk memelihara ikan ini?