Caleb Kelinci Percobaan Artificial Inteligence di Film Ex Machina

Jika kalian pecinta science fiction tentunya menyukai film ex machina ini. Bercerita mengenai perusahaan search engine yang memiliki data terbesar di dunia. Perusahaan tersebut dimiliki nathan, seorang genius yang umurnya 13 tahun telah mendesain kode dasar blue book.

Ketika perusahaan bluebooknya sendiri sudah menjadi search engine tool terbanyak yang dipakai oleh orang di seluruh dunia. Nathan mendapatkan data dari orang orang tersebut. Kemudian dari situ nathan mengembangkan robot artificial intelligence bernama ava. Perkembangan ava yang sangat advance kemudian dilakukan test untuk mengetahui sampai seberapa ava telah berkembang.

Salah satunya yaitu menggunakan turing test yang dilakukan oleh perekrutan yang dilakukan nathan yaitu memilih caleb. Caleb sendiri adalah pemuda jomblo di perusahaan blue book yang bekerja sebagai programmer. caleb sendiri memenangkan undian di perusahaan tersebut untuk dapat berkesempatan bertemu dengan nathan di fasilitas riset tersembunyinya dan bekerja sama dengan nathan untuk melakukan uji turing test tersebut ke ava.

ex machina

Namun di keadaan sebenarnya nathan memilih caleb karena background caleb yang memang digunakan sebagai kelinci uji coba kepintaran artificial intelligence yang nathan kembangkan. Background caleb yang masih lajang dan memiliki moral compas yang baik menjadi salah satu alat yang digunakan untuk menguji ava.

Turing test tersebut dikatakan berhasil jika ava dengan segala kemampuannya seperti kesadarannya seperti manusia untuk memikat, merayu, membujuk ataupun meminta pertolongan dari caleb agar ava dapat keluar dari fasilitas tersebut. Jika caleb berhasil terbujuk oleh robot artificial intelligence perkembangan nathan artinya turing test berhasil dilakukan.

Caleb yang pada akhirnya terbujuk oleh robot ava kemudian mencoba meretas keamanan tingkat tinggi dari fasilitas tersebut di saat terjadi power backup. Yang kemudian diketahui caleb saat dia diberitahu nathan bahwa sebenarnya caleb telah terperdaya oleh ava sebagai tujuannya dalam mensukseskan turing test tersebut.

Mengetahui hal tersebut yang berujung pada kematian nathan karena dibunuh oleh robot ai nya sendiri dan caleb yang terkurung di dalam fasilitas keamanan tingkat tinggi tersebut dan menyadari kesalahannya dalam membantu ava keluar dari fasilitas tersebut. Ingin tahu bagaimana keadaan caleb setelah dikhianati oleh ava? Bisa kalian baca kelanjutannya di lyricalfantasia.com