Cara-Cara Ampuh Membasmi Rayap Layaknya Tukang Basmi Rayap

Anda bisa terserang mimpi buruk jika rayap menyerang rumah Anda. Itulah kenapa kita perlu paham cara membasmi rayap agar dampak yang ditimbulkan tak terlalu parah. Tentunya, ancaman ini sangat nyata dan kita pun harus senantiasa menyiapkan langkah pencegahannya. Lalu, bagaimana cara mengusir makhluk yang disebut sebagai silent destroyer layaknya tukang basmi rayap? Yuk, simak ulasannya berikut ini.

 

Cara Ampuh Membasmi Rayap Layaknya Tukang Basmi Rayap

Ketika serangan rayap terjadi dan membuat kerusakan yang nyata, maka tidak ada jalan lain bagi Anda selain dengan membasminya. Sayangnya, membasmi hewan ini tidak mudah. Anda harus bersikap layaknya tukang basmi rayap profesional untuk bisa benar-benar mengusir hewan perusak satu ini. Sedikit bocoran, bagaimanakah sebaiknya Anda membasmi rayap ini ketika invasi datang?

1.    Bersihkan Genangan Air di Halaman

Apabila Anda ingin ampuh mengusir rayap dari rumah, maka ternyata Anda harus waspada akan genangan air yang ada. Hal ini karena sama seperti nyamuk, genangan air menjadi tempat ternyaman rayap untuk berkembang biak. Inilah mengapa ketika Anda ingin serangga ini pergi dari rumah Anda, maka cara paling efektif adalah dengan menghilangkan genangan air disana, terutama saat musim hujan tiba.

2.    Perbaiki Keramik yang Rusak

Kedua, apabila Anda ingin ampuh mengusir rayap dari rumah, maka Anda harus segera memperbaiki keramik rumah Anda yang rusak. Hal ini memang terdengar remeh, namun rupanya retakan pada keramik bisa menjadi jalan bagi rayap untuk masuk ke dalam rumah Anda dan membuat kerusakan. Selain itu, retakan pada keramik juga bisa membuat suhu rumah menjadi lembab karena uap air yang muncul disana.

3.    Perbaiki Retakan Pada Dinding Rumah Anda

Selanjutnya, Anda yang ingin mengusir rayap dari rumah bisa menggunakan cara dengan memperbaiki retakan dinding. Pasalnya sama seperti keramik, retakan pada tembok bisa menyebabkan rayap masuk dalam rumah. Hal ini karena retakan tersebut menjadi jalan khusus untuk mereka menginvasi tanpa diketahui. Alhasil dalam sekejap jika retakan dibiarkan, maka rayap tiba-tiba sudah ada di dalam rumah dan merusak furniture Anda.

4.    Jemur Perabotan Berkayu Secara Berkala

Ketika rayap datang, maka jalan satu-satunya jika tidak bisa dibasmi dengan cara-cara sebelumnya adalah dengan menjemur perabotan rumah Anda. Seperti yang kita tahu, matahari memiliki limpahan sinar UV yang mana bisa membunuh bakteri dan sumber penyakit. Sama halnya dengan rayap yang bertindak sebagai hama, maka sinar UV pun bisa mengusir dan membinasakan mereka.

Caranya sangat mudah. Anda tinggal menjemur perabotan Anda secara berkala, misalnya saja dua minggu sekali. Jemur perabotan kayu yang Anda sinyalir mendapat serangan rayap. Ciri-cirinya adalah adanya serbuk-serbuk kayu yang berjatuhan. Selama ini, rayap memang sangat suka dengan furniture berkayu dan tugas kita adalah menyelamatkan benda-benda tersebut dari serangan rayap agar tidak rugi materiil.

5.    Gunakan Obat Anti Rayap

Terakhir, cara terampuh mengusir rayap adalah dengan menggunakan obat anti rayap. Gunakan obat ini secara berkala dan semprotkan ke dalam sarang rayap agar koloni tersebut bisa hilang dari rumah Anda. Tidak perlu menuangnya banyak-banyak, cukup gunakan obat anti rayap secukupnya di sarang dan di sekeliling rumah. Begitu kabur, rayap tidak akan berani lagi kembali ke dalam rumah indah Anda.

Demikian ulasan mengenai cara mengusir makhluk yang disebut sebagai silent destroyer layaknya tukang basmi rayap. Anda yang kewalahan membasmi sendiri bisa memanggil jasa anti rayap satu ini. Dijamin, pelayanan akan prima dan optimal dalam mengusir rayap dari kediaman Anda. Semoga ulasannya bermanfaat.