Cara Lucid Dream dengan Musik

https://media02.hongkiat.com/photoshop-expert-landscape-manipulation/erik-almas-sleep.jpgAnda yang tengah membaca artikel ini saya pastikan anda sudah mempelajari sedikit banyak tentang lucid dream. Jika memang belum, berikut penjelasan singkatnya. Lucid dream atau mimpi sadar adalah kondisi dimana anda sadar bahwa anda tengah bermimpi. Saat lucid dream, anda dapat melakukan apapun yang bisa anda bayangkan. Sungguh menyenangkan sekali. Nah cara masuk ke lucid dream salah satunya adalah dengan menggunakan musik. Musik dapat menjadi jalan pengantar untuk masuk ke gerbang lucid dream. Cara lucid dream dengan musik cukup sederhana, caranya adalah dengan mendengarkan saja musik dengan gelombang delta.

Ingat bukan sembarang musik loh ya, hanya musik yang memiliki gelombang delta atau alfa antara 1,5 – 7 Hz saja. Diluar itu tidak direkomendasikan. Musik ini selain tenang dan enak didengar, sangat membantu dalam proses untuk memasuki lucid dream. Berikut cara lucid dream dengan musik:

1. Kondisikan tubuh

Kondisi tubuh yang baik untuk tidur adalah saat di malam hari. Ini adalah waktu yang tepat untuk melakukan aktifitas lucid dream. Mungkin anda hendak melakukannya di siang hari. Namun jika melakukannya di malam hari akan lebih efektif. Bukan berarti tidak boleh dan tidak bisa di siang hari, anda dapat melakukannya dan tiap – tiap orang akan merasakan hal yang berbeda dalam prosesnya.

Anda dapat melakukan meditasi, berendam, mendengarkan musik atau hal lain yang membuat tubuh anda tenang dan nyaman.

2. Pilih headset yang tepat

Sebagian headset tidak nyaman saat digunakan ketika tidur. Anda dapat menggunakan headset khusus untuk tidur. Ini sangat nyaman untuk digunakan saat tidur karena memang fungsinya untuk digunakan saat tidur. Jika memang anda tidak memiliki perangkat ini, tidak mengapa anda menggunakan headset biasa namun kondisikan senyaman mungkin. Atau jika anda terbiasa tanpa headset, anda dapat menggunakannya tanpa headset.

3. Pilih musik yang tepat

Ini adalah langkah yang paling penting, seperti yang telah dijelaskan diawal, tidak semua musik dapat digunakan sebagai pengantar tidur untuk lucid dream. Musik yang digunakan adalah bioniral beats yaitu musik yang memiliki tempo ketukan tertentu yang khusus untuk memengaruhi otak. Gelombang otak saat tidur adalah 1,5 – 3 Hz, dinamakan gelombang delta. Musik bioniral beats dapat membantu otak berada di frekuensi tersebut sehingga mempermudah untuk masuk ke lucid dream

4. Ingatkan diri anda bahwa anda akan masuk ke lucid dream

Ini adalah salah satu metode yang bisa anda lakukan saat hendak melakukan lucid dream. Caranya yaitu selalu ingatkan diri anda bahwa anda akan mengalami lucid dream. Lucid dream sendiri terjadi ketika anda sadar anda tengah bermimpi, nah kondisikan anda sadar bahwa anda tengah bermimpi dan mempertanyakan realitas yang alami. Ini sangat membantu anda untuk mendapatkan lucid dream. Namun jangan terfokus pada hal ini sehingga anda tidak menikmati proses perjalanannya. Anda harus dengarkan musik dan menikmatinya. Semuannya akan mengalir begitu saja dan anda akan sadar telah berada di dunia yang berbeda.