Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Baik dan Benar

Ketika memelihara kucing pastikan seluruh bagian tubuhnya selalu dalam keadaan bersih, karena kucing rentan terkena virus yang bisa membuat kucing itu sakit. Misalnya pada bagian telinga kucing yang juga harus dibersihkan secara berkala. Sebenarnya cara membersihkan telinga kucing itu mudah, tetapi harus dilakukan dengan hati-hati karena kucing tersebut pasti akan banyak bergerak dan tidak nyaman.

Perawatan pada kucing juga sebenarnya tidak sulit, karena kucing termasuk jenis hewan yang bersih, mandiri dan akan merasa tidak nyaman saat tubuhnya dalam keadaan kotor. Bagian telinga kucing ini terbilang sensitif, dan jika telinganya kotor biasanya akan menimbulkan infeksi yang juga berbahaya bagi kesehatannya. Itulah sebabnya kamu harus membantu kucing itu untuk membersihkan telinganya.

 

Cara Membersihkan Telinga Kucing dengan Benar

Ketidaknyamanan yang dirasakan oleh seekor kucing biasanya pada saat bagian telinga kucing itu kotor. Jika begitu, maka kucing akan terus menggaruk bagian telinganya hingga muncul infeksi. Berikut ini beberapa cara mudah dalam membersihkan telinga kucing :

  1. Pastikan Bahwa Kucing Sedang dalam Kondisi Hati Senang
    Pada saat kamu akan membersihkan telinga kucing, sebaiknya pastikan bahwa si kucing sedang dalam kondisi hati yang senang, tidak stres dan juga santai. Banyak juga kucing yang tidak suka jika bagian telinganya dibersihkan oleh manusia. Ajak kucing ke tempat yang tenang dan kondusif, lalu minta teman atau siapapun untuk memegang kucing agar tidak lari.

    Kamu juga bisa membungkus tubuh si kucing dengan handuk yang tebal agar ia tidak banyak bergerak ketika telinganya sedang dibersihkan.
     

  2. Tetesi Telinganya dengan Cairan Khusus
    Cara kedua yang bisa dilakukan untuk membersihkan telinga kucing adalah dengan memberinya cairan atau tetes telinga khusus kucing. Teteskan cairan itu secara bergantian pada bagian telinga kanan dan kiri kucing. Pastikan takaran/dosisnya tepat sesuai aturan pada cairan khusus tersebut.
     
  3. Pijat Bagian Telinga Kucing dengan Lembut
    Jika sudah menetesi bagian telinga kucing itu, kamu harus memijat bagian pangkal telinga kucing sekitar 20 sampai 45 detik agar cairan pembersihnya bekerja dengan benar. Pastikan juga pijatan yang kamu lakukan lembut dan membuatnya nyaman. Tujuan dari pijatan ini adalah agar kotoran yang mengendap terbuang dari telinga.
     
  4. Biarkan Kucing Beristirahat dan Menggoyangkan Telinganya
    Setelah proses penetesan dan pemijatan pada bagian telinga kucing ini selesai, kamu boleh membiarkannya istirahat sebentar saja dan biarkan juga ia menggoyang-goyangkan telinganya supaya kotoran di dalam telinganya keluar begitu saja.

    Bagi para pecinta kucing yang ingin tahu cara perawatan lainnya pada kucing, bisa membuka web larispro.com, di sana kamu akan memperoleh banyak wawasan tentang berbagai jenis kucing serta perawatannya.
     

  5. Membersihkan Lekukan Telinga Kucing dengan Kapas
    Selain membersihkan bagian dalam telinga kucing, kamu juga harus membersihkan bagian lekukan telinga kucing tersebut. Gunakan kapas untuk membersihkan bagian lekukan itu. Basahkan kapas dengan air terlebih dahulu untuk membersihkan kotoran yang masih menempel.
     
  6. Memberi Hadiah Pada si Kucing Jika Telinganya Kembali Bersih
    Hal terakhir yang bisa kamu lakukan untuk si kucing adalah memberinya hadiah berupa pelukan, memberinya minum atau makanan dan mainan agar si kucing rileks kembali setelah telinganya dibersihkan. Kucing pun tidak akan takut jika suatu hari kamu akan membersihkan lagi bagian telinganya.

Kesimpulan

Lakukan dengan hati-hati dan perlahan dalam membersihkan telinga kucing. Sebaiknya tidak memaksa ketika kucing meronta karena tak mau telinganya dibersihkan. Lalu, bisa dicoba kembali saat suasana hatinya sudah kembali tenang.