Cara Mengatasi Nyeri Haid

Cara Mengatasi Nyeri Haid

Setiap saat dinding rahim wanita akan mengalami kontraksi yang sangat lembut, sangking lembutnya kita tidak merasakan apa-apa pada saat dinding rahim kita sedang kontraksi. Tetapi, pada saat menstruasi kontraksi yang terjadi pada dinding rahim akan semakin kuat atau kencang hal ini dikarenakan adanya proses pengguguran pembuluh darah yang terdapat pada dinding rahim dan hal inilah yang menyebabkan nyeri pada saat haid.

Selain itu, nyeri pada saat haid juga disebabkan oleh keluarnya zat kimia prostaglandin pada tubuh yang memicu kontraksi pada dinding rahim semakin kuat. Zat kimia prostaglandin juga menyebabkan diare, lemas, sakit kepala dan kram perut.

Untuk mengatasi nyeri pada saat haid, berikut beberapa cara yang dapat anda terapkan:

 

1. Kompres dengan air hangat

Salah satu cara yang dapat anda lakukan untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan kompres air hangat.

Caranya, cukup basahi handuk dengan air hangat lalu letakkan handuk tersebut diatas pinggang ataupun perut anda dan lakukan sampai rasa nyeri berkurang.

 

2. Mengkonsumsi obat pereda nyeri

Ketika anda memilih cara ini, disarankan untuk memperhatikan dengan baik aturan-aturan yang terdapat pada obat yang anda konsumsi. Sebaiknya, anda mengkonsumsi obat sesuai dosis yang tertera dan tidak berlebihan walaupun rasa nyeri tersebut masih terasa.

Beberapa obat yang dapat membantu mengatasi rasa nyeri haid adalah Ibuprofen dan Naproxen.

 

3. Mengkonsumsi Jamu

Mengkonsumsi jamu ternyata juga dapat meredakan nyeri pada saat haid loh. Jamu yang diguunakan yaitu jamu kunyi asem.

Caranya, siapkan daun dewa, kunyit dan juga air. Lalu rebus semua bahan bersamaan. Tunggu beberapa menit sampai air berkurang menjadi setengah. Setelah jamu jadi segeralah konsumsi jamu tersebut. Minumlah secara teratur kurang lebih 2 kali sehari.

 

4. Olahraga ringan

Ketika seseorang merasakan nyeri haid, tentu tidak akan ada kemampuan untuk melakukan bergerak. Tetapi, sebaiknya anda tetap melakukan olahraga ringan untuk membantu memperlancar peredaran darah pada tubuh. Lakukanlah olahraga ringan ini secara rutin untuk mengurangi nyeri yang anda rasakan.

 

5. Menghindari makanan yang dapat memperparah nyeri haid

Pada saat haid, ada baiknya anda menghindari makanan yang dapat memperparah kondisi nyeri haid anda. Beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari pada saat haid adalah alkohol, kafein dan makanan yang mengandung banyak lemak

 

6. Konsumsi makanan yang bernutrisi

Sering kali pada saat halangan para wanita tidak memikirkan jenis makanan apa saja yang dikonsumsi. Kebanyakan para wanita mengkonsumsi makanan yang enak tanpa memperhatikan nutrisi yang terdapat didalamnya.

Pada saat haid sebaiknya anda memperbanyak mengkonsumsi buah-buahan, sayur-sayuran dan juga perbanyak mengkonsumsi air putih.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi nyeri haid yang dapat anda lakukan. Apabila kondisi nyeri haid tidak berkurang dan bertambah parah sebaiknya anda mengkonsultasikannya kepada dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut. Setelah haid selesai dan terkadang juga saat akan haid, biasanya akan ada tanda-tanda keputihan yang berbau tidak sedap. Maka dari itu kita perlu tahu cara menghilangkan bau keputihan. Selamat Mencoba.

 

Leave a Reply