Faktor yang Mempengaruhi Minat Generasi Milenial Terhadap Apartemen

Anda yang sedang membaca artikel ini mungkin termasuk ke dalam generasi milenial yang tinggal di kota besar dan memiliki akses ke teknologi lebih mudah. Generasi produktif yang memiliki rentang usia di 18-34 tahun ini ternyata memiliki kecenderungan bertempat tinggal yang menarik, utamanya terhadap apartemen. Mengapa demikian?

Apa yang Membuat Apartemen Semakin Diminati Milenial?

Tahun 2020, populasi dari generasi milenial ini diramalkan akan meningkat 100% dari yang awalnya 71 juta jiwa ke 142 juta jiwa. Peningkatan jumlah secara signifikan ini kemudian menjadi faktor utama yang memicu mengapa mereka cenderung memilih apartemen. Tentu saja jika mereka tidak ingin angkat kaki dari pusat kota yang semakin hari semakin kehabisan lahan untuk rumah tapak.

Selain dari keterbatasan lahan yang mendesak mereka memilih apartemen, ternyata ada beberapa faktor lain yang kemudian mengarahkan generasi milenial ini untuk membeli apartemen diantaranya:

Kepraktisan

jual apartemen surabaya timur dekat ITSSama seperti Anda, banyak orang dari rentang usia ini tidak menyukai atau bahkan membenci hal-hal yang ribet. Generasi milenial sudah biasa dengan berbagai macam kemudahan hidup karena kemajuan teknologi. Apartemen sendiri juga menawarkan solusi hunian praktis sesuai dengan kebiasaan mereka. Apartemen menawarkan fasilitas lengkap dan berkualitas.

Minimalis

Kriteria lain yang dipandang oleh para milenial adalah minimalistik dimana segala sesuatu lebih ditekankan kepada fungsinya. Jadi meskipun luas hunian tak terlalu besar, namun ini lebih cocok dengan kehidupan mereka yang cenderung lebih mengutamakan produktifitas. Mereka jarang ada waktu untuk merawat dan membersihkan rumah dan lebih banyak untuk kegiatan produktif.

Strategis

Karena identik dengan produktifitas, maka pusat aktifitas milenial pun kebanyakan ada di tengah kota. Berbagai pekerjaan dapat diselesaikan dengan lebih cepat karena fasilitas yang lengkap dan memadai di tengah kota. Apartemen umumnya berlokasi di pusat kota menawarkan akses cepat ke segala kebutuhan mereka seperti kantor, fasilitas publik, pusat hiburan dan lain sebagainya. Yang terbaru mungkin sekarang ini yang lagi trend adalah apartemen dekat kampus.

Keamanan dan Kenyamanan 

Keamanan juga menjadi hal lain yang selalu dipertimbangkan milenial. Di apartemen, lingkungan akan selalu diawasi oleh kamera pemantau dengan tenaga keamanan yang terus berjaga selama 24 jam. Ini membuat para pekerja yang terkadang pulang larut malam pun merasa semakin tenang. Selain itu, jika membutuhkan layanan apapun, ada petugas perawatan apartemen yang bisa dihubungi.

Sebagai Investasi 

Tak bisa dipungkiri, investasi juga sudah menjadi salah satu gaya hidup milenial. Ragam investasi yang semakin banyak nyatanya tak menghindarkan mereka dari pilihan apartemen sebagai investasi properti. Investasi apartemen saat ini juga semakin mudah dengan adanya KPA dan menawarkan income yang menjanjikan baik dengan cara disewakan maupun dengan dijual.

Itulah beberapa hal yang menjadi faktor penentu minat generasi milenial terhadap apartemen. Meskipun demikian, mereka juga akan selalu memiliki standar atau kriteria tertentu untuk pilihan apartemen yang akan dibeli. Biasanya mereka akan memilih apartemen dengan lokasi strategis, fasilitas lengkap dengan biaya yang terjangkau sesuai dengan kemampuan.

Harus diakui bahwa saat ini, unit apartemen sudah bukan hanya mainan para investor ataupun pengusaha saja, tetapi juga bagi milenial. Dengan gaya hidup serba praktis di pusat kota dan semakin terbatasnya lahan yang ada, membuat milenial cenderung lebih memilih tinggal di apartemen.