Ikan Pelangi Di Pulau Salawati Raja Ampat

Pulau Salawati raja ampat merupakan salah satu dari 4 gugusan pulau utama di Kepulauan Raja Ampat provinsi Papua Barat. Pulau utama lainnya yaitu pulau Waigeo, pulau Misool dan juga pulau Batanta. Pulau Salawati raja ampat memiliki luas wilayah sekitar 1.623 km² dimana hampir ¾ pulau ini merupakan hutan yang ditumbuhi oleh pohon-pohon sagu yang tumbuh liar tanpa ditanam oleh siapapun. Keindahan pulau ini adalah karena keanekaragaman hayatinya yaitu berupa flora dan fauna yang terdapat di sana. Selain itu banyak para wisatawan yang mengincar pulau ini sebagai tujuan wisatanya karena kondisinya yang tenang dengan keindahan alam yang menakjubkan. Para wisatawan yang berkunjung ke pulau ini juga dapat melihat air terjun dan bunker-bunker bekas peninggalan Perang Dunia ke II buatan Jepang. 

Untuk sampai ke pulau Salawati raja ampat, anda harus menyeberang dari pelabuhan di kota Sorong menuju Salawati. Anda dapat menggunakan kapal yang memerlukan waktu 2 jam. Selama perjalanan anda akan melihat beberapa pulau kecil yang tidak berpenghuni. Di Salawati sendiri pelabuhannya tidak terlalu besar hanya cukup untuk satu atau dua kapal saja. Tidak hanya keindahan alam yang dapat anda nikmati di sana tetapi juga keanekaragaman hayatinya. Di pulau yang jarang dijamah oleh manusia ini telah ditemukan spesies baru oleh tim riset Indonesia dan Perancis. Spesies bari yang ditemukan adalah ikan pelangi. Ikan yang memiliki nama latin Melanotaenia Salawati merupakan spesies ke 19 yang ditemukan dalam kawasan ekoregion kepala burung Papua. Setelah ditemukan, ikan ini dipublikasikan di " International Journal of Ichtyology Cybium". Ikan pelangi ini tepatnya ditemukan pada sungai Doktor yaitu sekitar 64 km bagian barat Sorong. Sungai ini dinamakan sungai Doktor karena masyarakat sekitar percaya bahwa air yang ada di sungai tersebut mampu mengobati berbagai penyakit. 

Ikan pelangi yang ada di pulau Salawati memiliki keunikan sendiri. Ikan pelangi Salawati mempunyai kekerabatan dengan Melanotaenia Fredericki yang ada di sungai besar Warsamson, kota Sorong. Ikan ini juga bekerabat dengan Melanotaenia Batata yang terdapat di pulau Batata. Pada awalnya ikan pelangi Salawati dianggap sama dengan jenis Melanotaenia Fredericki tetapi ternyata kedua spesies tersebut memiliki perbedaan. Dinamakan ikan pelangi karena ikan ini pada kulitnya berwarna warni seperti pelangi. Di kulitnya terdapat barisan berwarna ungu pada bagian dorsal dan warna ungu muda pada ekornya. Sedangkan pada tutup insangnya terdapat percikan warna emas dan juga warna hijau. Lalu pada bagian sirip abdomen sampai ke bagian ekor berwarna ungu terang dan warna biru tua yang menyelimuti bagian belakang tubuhnya. Temuan ikan pelangi ini semakin menambah kekayaan flora dan fauna yang ada di Indonesia. jangan lupa Menghubungi RajaAmpatHolidays.com Untuk mendapatkan paket Tour Raja Ampat Profesional dengan harga bersaing.