Kisi Kisi Materi Matematika UN SMA 2020 oleh BSNP

Materi Ujian Nasional (UN) SMA 2020 akan dirilis oleh BSNP (Badan Standar Nasional Pendidikan) yang menjadi Kisi-kisi Materi Matematika UN SMA 2020. BSNP adalah lembaga independen. Lalu, fungsinya adalah untuk memberikan pemantauan, evaluasi serta pengembangan standar pendidikan. Misalnya melalui akreditasi atau pemberian standar ujian nasional.

Dasar Kisi-kisi Materi Matematika UN SMA 2020

Menurut POS (Prosedur Operasional Standar) UN, UN 2020 akan dilakukan dengan berbasis komputer atau UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) dan berbasis kertas dan pensil atau UNKP. Sebelum itu, siswa dan siswi perlu mengetahui terlebih dulu lingkup materi pelajaran matematika tersebut dan mempelajari kisi-kisi yang sudah diberikan.

Materi Matematika SMA

Dalam mempersiapkan untuk menghadapi ujian Nasional ini, siswa/siswi harus lebih memperdalam materinya tersebut khususnya matematika. Untuk materi mata pelajaran matematika, terbagi menjadi dua level , yaitu level kognitif dan level penalaran dengan masing-masing variasi materinya.

Level Kognitif

Pada level kognitif pengetahuan dan pemahaman, siswa harus mengidentifikasi, membandingkan, menentukan, menghitung, mengklasifikasi, menjelaskan. Beberapa lingkup materinya dijabarkan di bawah ini, antara lain sebagai berikut.

Aljabar

Dalam materi ini, yang harus dikuasai adalah tentang fungsi dan materi sekitarnya. Antara lain komposisi fungsi, fungsi invers, grafik, serta fungsi kuadrat. Lalu, materi lain yang harus dipahami adalah sistem persamaan serta pertidaksamaan linear. Barisan dan deret baik geometri maupun aritmatika serta determinan dan invers matriks juga menjadi bagian dari pemahaman yang wajib dikuasai siswa.

Kalkulus

Berikutnya adalah materi kalkulus yang terdiri dari limit fungsi aljabar serta turunannya. Ditambah lagi materi integral tak tentu fungsi aljabar.

Geometri dan Trigonometri

Materi geometri dan trigonometri yang akan muncul di soal UN adalah tentang perbandingan, fungsi trigonometri, grafik, aturan sinus-cosinus, serta jarak antar titik dan garis. Materi selanjutnya adalah bidang dan transformasi geometri.

Statistika dan Peluang

Materi yang berkaitan dengan statistika dan peluang pada UN adalah tabel, diagram, grafik, penyebaran data, serta pemusatan data. Lalu, diberikan pula soal tentang kaidah pencacahan, peluang kejadian, serta kaidah pencacahan.

Level Penalaran

Pada level kognitif penalaran, siswa harus menganalisis, menyimpulkan, memprediksi, mensintesis. Di level ini pun juga dijelaskan beberapa lingkup materi yang diberikan, antara lain sebagai berikut.

Aljabar

Seperti halnya pada level kognitif, akan disediakan materi tentang komposisi fungsi, fungsi invers, grafik, serta fungsi kuadrat. Ada juga tentang sistem persamaan serta pertidaksamaan linear, barisan dan deret baik geometri maupun aritmatika serta determinan dan invers matriks pun masuk ke dalam ranah aljabar.

Kalkulus

Penalaran kalkulus juga sama dengan kognitifnya yaitu soal limit fungsi aljabar serta turunannya. Plus integral tak tentu fungsi aljabar.

Geometri dan Trigonometri

Penalaran dari materi geometri serta trigonometri antara lain perbandingan, fungsi trigonometri, grafik, aturan sinus-cosinus, jarak antar titik dan garis, serta bidang dan transformasi geometri.

Statistika dan Peluang

Terakhir yaitu materi penalaran statistika dan peluang meliputi penyajian data dalam diagram, grafik, penyebaran data, pemusatan data kaidah pencacahan, peluang kejadian, serta kaidah pencacahan.

Kisi-kisi Materi Matematika SMA 2020

Kisi-kisi Materi Matematika UN SMA 2020 merupakan acuan dalam pengembangan dan pembuatan soal UN yang disusun berdasarkan standar kompetensi lulusan, standar isi, dan kurikulum yang berlaku. Sehingga kisi-kisi tersebut bisa didapatkan dan dipelajari baik untuk mata pelajaran matematika atau yang lainnya.

Penerapan UNBK

Penerapan UNBK dilakukan untuk meningkatkan efisiensi, mutu, kredibilitas, kejujuran, dan integritas ujian. Sekolah atau madrasah yang dapat ditetapkan sebagai pelaksana UNBK harus telah memenuhi persyaratan sebagai berikut

Telah Terakreditasi

Setidaknya sekolah tersebut telah terdaftar dan lebih baik lagi terakreditasi minimal B.

Tersedia Sejumlah Komputer dan Peladen (Server) Sesuai Kebutuhan

Karena bersifat komputerisasi, maka UNBK harus didukung jumlah komputer dan server yang cukup.

Memenuhi Persyaratan Teknis yang Ditetapkan Oleh Panitia UN

Contoh persyaratan tersebut adalah terdaftar di BIOUN, lalu memiliki server yang terdaftar, dan memiliki nomor ujian.

Penyusunan Kisi-kisi Materi Matematika SMA 2020

Penyusunan Kisi-kisi Materi Matematika UN SMA 2020 berhubungan dengan tahap akhir proses belajar. Jadi, perangkat tersebut dibuat dari kriteria pencapaian kompetensi lulusan, standar isi dan kurikulum yang berlaku dan diberlakukan panitia UN tingkat pusat. Daftar lengkap kisi-kisi materi UN Matematika SMA tahun pelajaran 2019/2020 dapat dilihat dan diunduh pada tautan resmi BSNP.

Jadi, jangan sampai lupa untuk mengunduh kisi-kisinya dari sekarang untuk memaksimalkan pemahaman saat menempuh Soal SBMPTN Matematika Dasar atau Soal SBMPTN Matematika IPA, biologi kelas 10, dan materi biologi kelas 11. Belajar sesuai kisi-kisi bisa dilakukan dengan banyak cara misalnya saja dengan mengunjungi platform Edutore by Gramedia.