Langkah-Langkah Memulai Jualan Online  

Satu hal yang sering membuat para pemula gagal untuk bertahan menghadapi persaingan bisnis online saat ini adalah, perencanaan yang kurang sehingga minim kunjungan konsumen. Parahnya lagi, banyak dari mereka yang sekedar ikut jualan online tanpa mau belajar untuk meningkatkan daya saing. Tentunya kamu tak ingin hal seperti ini terjadi pada bisnismu bukan?  

Maka dari itu, coba kamu simak beberapa tips berikut agar usaha yang kamu rintis lebih mampu bertahan dalam persaingan hingga akhirnya sukses di internet. 

Jualan Online

Pilih Produknya  

Umumnya, banyak pemula yang lebih memilih untuk bermain aman dengan cenderung hanya menjual barang-barang yang paling laku di pasaran misalnya produk fashion, makanan ataupun gadget. Hasilnya, jika kamu harus siap untuk berhadapan dengan persaingan yang lebih ketat. Alternatifnya, kamu bisa memilih produk yang memang kamu sukai atau kuasai saja agar lebih mudah memasarkan tanpa harus merasa terlalu terbebani. 

Foto Produk

Salah satu kelemahan dalam jualan online adalah calon konsumen tidak bisa menyentuh dan mencoba produk yang sedang mereka incar. Untuk memuaskan calon konsumen, terlepas akankah mereka belanja di tempatmu atau belum, selalu sediakan foto produk dengan kualitas terbaik. Maksudnya, pastikan foto yang kamu unggah adalah bagian-bagian yang memang ingin dilihat oleh calon konsumen. Foto juga harus detail serta menarik.

Deskripsi Produk

Tak jauh-jauh dari alasan diatas, kamu juga harus menyediakan deskripsi produk karena inilah yang akan diperiksa dan dipertimbangkan oleh calon konsumen. Sajikan detail tentang deskripsi produk yang kamu jual mulai dari bagian yang paling penting misalnya ukuran, warna dan sebagainya. kamu juga bisa menambahkan detail setiap kali ada pertanyaan-pertanyaan sejenis dari calon konsumen di bagian diskusi produk.

Lakukan Promosi

Selesai menyiapkan tempat jualan dan produk, lanjutkan dengan melakukan promosi. Promosi bertujuan agar bisnis dan produkmu lebih cepat dikenal dan diingat oleh calon konsumenmu. Percuma bukan kalau Kau punya barang menarik tapi tidak ada yang tahu? Maka dari itu, perkenalkan bisnis dan produkmu tersebut, misalnya melalui sosial media seperti Facebook atau Instagram. Buat akun resmi di media sosial dengan postingan bermutu yang juga relevan dengan produkmu tersebut.

Jadilah Responsif

Siapa yang mau belanja online di tempat yang tidak meyakinkan? Setiap pertanyaan tentang produk hanya dijawab oleh robot atau bahkan tak pernah ada balasan. Hindari kondisi seperti ini dengan berusaha selalu menjawab chat sesegera mungkin dengan jawaban yang membantu dan ramah.

Lakukan beberapa tips di atas secara konsisten agar peluangmu bertahan lebih tinggi di tengah persaingan pasar saat ini. Nah kalau kamu ingin lebih memaksimalkan jualan online, tak ada salahnya kamu mempelajari berbagai cara pemasaran online. Ada berbagai trik dan teknik pemasaran yang bisa kamu pelajari di internet secara gratisan ataupun berbayar untuk proses dan hasil yang lebih optimal.

referensi:

belajardm.com