Macam dan Ragam Bahan Kain Untuk Kaos

Berbicara mengenai pembuatan kaos, tentu saja tidak akan jauh-jauh dari jenis  kain yang digunakan. Mulai dari bahan yang nyaman ketika dipakai atau bahan yang baik untuk menyerap keringat. Untuk itu, jika anda ingin memakai kaos sesuai dengan jenis kain yang diinginkan, biasanya sebagian orang akan memesannya melalui konveksi kaos. Disini anda bisa memilih kain yang apa saja yang sesuai dengan kebutuhan anda. Berikut berbagai macam bahan yang biasa dipakai untuk membuat kaos.

bahan kaos, jenis kain kaos

Jenis Bahan Kaos yang Paling Baik Untuk Dipakai

1. Polyester

Salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat kaos adalah Polyester. Jenis bahan ini merupakan jenis kain kaos yang berserat sintesis. Bahannya sendiri terbuat dari bahan ester atau hasil sampingan dari minyak bumi yang digunakan sebagai pembuat bahan dengan serat fiberpoly. Jika dibandingkan dengan kain berbahan jenis lain seperti katun, kain satu ini cenderung jenis kain yang sangat panas ketika dipakai.

2. Katun (Combed 20s, 24s, 30s)

Jika anda menggeluti bidang konveksi kaos pastilah akan mengenal jenis bahan yang terbuat dari kapas ini. Katun combed merupakan tipe kain yang terbuat dari 100% serat kapas murni dengan ciri-ciri yakni halus, nyaman, dingin dan menyerap keringat ketika dipakai. Untuk itu, kain satu ini sangatlah cocok jika dikenakan pada negara yang mempunyai iklim tropis, seperti di Indonesia. Kelebihannya lagi, kain ini memiliki jenis serat yang halus sehingga akan terlihat lebih rata dan rapi untuk dijadikan pakaian.

3. Viscose

Tipe kain yang terbuat dari bahan serat sintesa celulosa organic atau buatan manusia ini umumnya digunakan sebagai bahan untu membuat kain. Viscose memiliki tekstur yang mirip seperti kapas dan biasanya digunakan untuk menambah kecerahan terhadap warna dan kenyamanan pada serat sintesis. Selain itu, kain ini memiliki tingkat kelembapan yang tinggi sehingga menghasilkan warna yang lebih baik untuk pembuatan konveksi kaos.

4. Cardet (20s, 30s)

Kain satu ini tergolong tipe kain yang cenderung memiliki serat benang kurang halus jika dibandingkan dengan katun. Hal tersebut membuat bahan kain ini akan menghasilkan  kaos yang kurang rata dan halus. Namun, karena harganya yang relatif terjangkau, maka kain cardet banyak digunakan untuk menyasar segmentasi kelas menengah ke bawah. Seperti yang digunakan untuk membuat seragam buruh, kaos oblong olahraga atau kaos pabrik.

5. Hyget

Bahas kaos ini merupakan bahan yang terbuat dari plastik dan memiliki ketebalan yang sangat tipis. Untuk itu, kain ini pun memiliki harga yang cukup murah jika dibandingkan dengan jenis bahan yang lain. Hyget biasanya digunakan oleh konveksi kaos untuk mencetak kaos dalam jumlah yang sangat besar namun dengan dana yang kecil. Sehingga pembuatan kaos partai untuk kepentingan politik biasanya menggunakan bahan ini.

Itulah beberapa bahan kain yang biasa digunakan untuk membuat kaos. Dengan mengetahui berbagai jenisnya, tentu saja hal tersebut akan memudahkan anda untuk memilih bahan yang sesuai dengan kebutuhan dan keinginan anda. Jika anda ingin pakaian yang nyaman ketika dipakai, anda bisa memilih jenis kain yang 100% katun asli.