Mengenal Lebih Dekat Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Windows adalah salah satu maha karya software yang di buat oleh microsoft.  Sistem operasi ini  menjadi salah satu yang OS yang paling banyak di gunakan. Memiliki tampilan depan yang sangat mudah di mengerti dan juga di jalankan.

Windows ini awal keberadaanya menggunakan MS-DOS, yang mana dulu menggunakan modus teks dan command line. Untuk windows pertama kali di beri nama windows graphic environment 1.0 yang di rilis 10 november 1983. Dan di pasarkan secara masal pada november 1985. Guna memenuhi keinginan banyak orang akan tampilan gembar yang lebih menarik.

Keluaran pertama ini menggunakan 16 bit tambahan di bisa di jalankan menggunakan MS-DOS

Untuk windows seri 4.0 dan NT 3.1 sistemnya sudah tidak menggunakan MS-Dos lagi tetapi sudah menggunakan windows.

Apa sih fungsi dari windows sendiri sebanarnya??

Tidak banyak yang paham sebenarnya akan hal ini. Kami akan jabarkan ya:

Untuk mengolah semua proses yang akan terjadi di awali dari mempersiapkan, menjadwalkan, memantau program yang akan di jalankan.

Mengolah masukan dan keluaran saat di beri perintah.

Menjaga dan mengolah semua yang di perintahkan dari perangkat lunak hingga perangkat keras.

Sekarang OS yang banyak di pilih dan di gunakan adalah versi 32 bit 64 bit. Kedua versi ini punya plus dan minusnya dan juga ternyata secara umum punya kegunaan yang beda.

Meskipun sekarang ini anda hanya pemakai saja tetapi mengetahui perkembangan sistem operasi windows sendiri perlu di lakukan untuk menambah pengetahuan dan juga ketika bila mana suatu saat komputer rusak dan perlu memangil service komputer panggilan, anda sudah paham apa yang harus di lakukan.

Apa saja perbedaan dari OS Windows 32bit da 64bit ini. Cek yah !!!

1. Kemampuan dalam pemrosesan data

Arsitektur sistem operasi windows 32bit dan 64bit ini berbeda sehingga akan membuat performanya pun tidak akan sama. Maksud 32 dan 64 ini apa?? Angka ini memiliki arti bahwa menghitung jumlah data yang di gunakan dalam sekali putaran.

2. Performa windows

Prosesor memiliki faktor penentu dengan adanya windows ini. Semakin tinggi bitnya maka kemampuannya jauh lebih baik.

3. Jumlah RAM yang di pakai

Hingga kini hal yang paling mudah dan sering di ketahui orang untuk membedakan nya adalah dengan melihat berapa besar kapasitas RAM yang di pasang pada komputer itu. Bila menggunakan OS windows dengan 32bit kapasitas RAM yang bisa di baca maksimal adalah 3.2 Gb atau seringnya 4GB. Tetapi bila menggunakan OS windows 64bit maka besarnya kapsitas RAM yang dapat di baca adalah sama persis dengan ram yang terpasang. Bila memasang 8GB ya yang terbaca juga 8Gb. 

4. Kompatible

Kompatible di sini adalah mengenai softwarenya. Jadi menggunakan software 32 bit tidak bisa mengoperasikan software 64 bit tetapi tidak sebaliknya. Software 64 bit bisa menjalankan pada 32 bit. Sehingga perbedaan ini begitu terasa sekali bedanya.

Lalu,apa saja kelebihan dari windows 32bit ini???

1. Semua software yang memiliki basis prosesor 8 bit dan 16 bit bis menjalankannya

2. Hanya bisa di gunakan pada RAM tidak sampai 4 GB dan hanya pada komputer lama alias jadul

3. Lebih fleksibel

4. RAM akan bekerja optimal pada kapasit pada 2 GB saja

Meski seperti itu windows 32 bit ini memiliki kekurangan , apa saja itu:

1. Pastinya tidak akan bisa menjalankan aplikasi berbasis 64 bit

2. Tidak bs membaca RAM di atas 4 GB

3. Enggak mampu menjalankan game atau sotfware yang memiliki ukuran yang besar 

 

Terus untuk kelebihan dari windows 64bit sendiri apa, Kita akan ulas juga supaya tahu:

1. Dalam mengolah data pastinya jauh lebih maksimal dan optimal

2. Bisa dijalankan pada software berbasis 32 bit

3. Pastinya bisa dalam menjalankan program  yang berat

Meskipin memiliki kelebihan, ternyata menyimpan kekurangan juga. Apa saja itu???

Bila masih menggunakan PC versi lama penggunaannya tidak dianjurkan dan agar kerjanya optimal di sarankan komputernya sendiri punya spesifikasi yang mumpuni bukan kelas low.

Bagi anda yang berada di daerah jakarta, bila ada persoalan mengenai kerusakan seputar komputer anda bisa mencari yang namanya jasa service kompute jakarta. Memang banyak si yag menyediakan tetapi bila anda jeli dalam memilihnya pastinya bisa mendapatkan yang bermutu dan benar adanya. Bukan hanya murah yang di cari tetapi juga benar kemampuan dalam menyelesaikan persoalan yang ada.