Pakaian Dengan Sablon Sebagai Pemanisnya

Bordir dan sablon merupakan dua cara menggambar di atas kain dengan teknik yang berbeda. Jika sablon merupakakan sebuah teknik gambar kain yang diperoleh dari cat dengan teknik cetak. Sementara bordir merupakan hiasan kain yang terbuat dari rajutan-rajutan benang yang disusun sedemikian rupa hingga membentuk sebuah bentuk yang cantik. 

Kedua teknik gambar kain ini sangat berbeda. Baik dari segi cara pengerjaan, bahan-bahan yang digunakan, maupun dari hasil akhirnya. Meskipun sama-sama cantik, ada beberapa perbedaan mencolok dari keduanya. Apa saja itu? ini dia beberapa perbedaan antara sablon dan bordir.

Sablon

  • Menggunakan bahan utama cat sebagai pembentuk gambarnya
  • Hanya cocok untuk beberapa kain, terutama kaos. Sebagian jenis kain tidak dapat menyatu ketika dibubuhi cat sablon dan hasilnya kurang memuaskan
  • Biasanya harus dilakukan manual satu persatu, jadi butuh waktu lebih ketika akan memproduksi secara massal
  • Perlu perawatan khusus. Cat sablon dapat mengalami pecah, ataupun kelunturan secara cepat saat diperlakukan sembarangan. Maka ada baiknya memperlakukannya dengan perawatan khusus.
  • Gradasi warna yang dihasilkan lebih detail. Sehingga dengan teknik sablon gambar bisa didesain agar tampak seperti 3D.

kaos sablon

Bordir

  • Menggunakan benang sebagai bahan pembentuk gamnbarnya
  • Bisa dilakukan di bahan apapun. Paling membutuhkan semacam lapisan serat kain putih untuk membantu proses bordirnya agar gambar dapat terlihat rapi dan menyatu
  • Ada teknik komputer yang bisa jadi alternatif ketika harus memproduksinya secara massal.
  • Dengan teknik bordir, gambar yang dihasilkan menjadi melekat denga kain karena tidak hanya sekedar ada di permukaan kain.
  • Keberagaman warna dan keindahan gambar bordir sangat tergantung pada kain yang digunakan dan variasi warna yang digunakan. Gradasi gambar dan ilusi 3D sulit di dapat dengan teknik bordir

Cara Merawat Kaos Sablon

Sebagai pakaian yang perlu perawatan khusus, kain dengan gambar sablon di atasnya perlu diperhatikan dengan cara sebagai berikut agar tak mudah rusak :

  1. Mencuci kaos dengan gambar sablon baiknya tidak disikat. Menyikat terlalu keras pada bagian gambarnya akan mempercepat usia sablon. Baiknya dikucek, namun tidak berlebihan juga, mengucek berlebihanpun sama tidak baiknya
  2. Menyetrika dengan melapisi kain lain di atasnya. Menyetrika secara langsung pada cat sablon di kaos juga tidak bagus. Panas pada mesin setrika dapat mengangkat gambar dan sehingga jika terlalu lama dan terlalu panas gambar akan menghilang dari kaos. Melapisi dengan kain lainnya bisa jadi solusinya.
  3. Menjemur dengan bagian sablon di luar. Hal ini untuk menghindari cat sablon pada kain yang telah dicuci menjadi basah dan elastis lagi. Sehingga ada kemungkinan saat dijemur dengan posisi baju terbalik kainnya sablon akan menempel pada kain sisi lainnya sehingga merekat. Saat baju kering, sablon ini bisa sulit dilepas dan pindah sisi karena lengket, sablon akan menjadi rusak.

Dengan menggunakan kain sablon, kalian dapat tampil beda dan terlihat fresh, karena gambar sablon biasanya dibuat dengan full colour. Warna yang demikian ini akan memberi kesan keceriaan bagi Anda yang mengenakannya. Terlebih jika gambar yang ditampilkan cukup unik dan kreatif. Seperti baju dengan sablon 3D, ia akan membuat sebauh ilusi yang mengesankan akan membantu menambah nilai fahsion Anda.

Kaos sablon Surabaya pun bisa dijadikan sebagai kaos seragam untuk berbagai kegiatan. Kaos kece dari konveksi kaos Surabayasangat cocok digunakan oleh kalangan muda sebagai kaos kelas, kaos komunitas, atau sebagai kaos couple-an.