Tips and Trik Mengembalikan Sinyal 4G Pada Smartphone Kamu yang Tiba-Tiba Menghilang

Kini, jaringan 4G telah menyebar ke seluruh daerah Indonesia dari berbagai  macam penyedia jaringan internet. Apalagi dengan adanya smartphone semakin mendukung penggunaan jaringan 4G ini sendiri. Meskipun jaringan 4G sudah tersebar luas, masih banyak daerah-daerah di Indonesia yang seringkali mengalami gangguan sinyal 4G yang  tiba-tiba saja hilang. Entah memakai operator Telkomsel, Tri, Indosat, XL, Axis, hingga Smartfren.  Jika sinyal 4G  seringkali menghilang, pasti kita jadi sulit mengakses internet kan?  Nah jangan cemas, karena kali ini saya akan berbagi beberapa tips dan trik mengembalikan sinyal 4G yang tiba-tiba menghilang.  Namun perlu diketahui jika tips dan trik berikut ini hanya untuk memperbaiki penangkapan sinyal di gadget kita, jadi kalau memang sinyal operatornya lagi bermasalah atau hilang, tips ini akan jadi sia-sia. Penasaran dengan tips and triknya? Langsung aja yuk simak penjelasan berikut ini.

Pergi ke luar ruangan

Ada beberapa sinyal internet yang mungkin susah ditangkap jika kita berada di dalam sebuah bangunan yang berbahan baja, beton,  seng, dan berbagai bahan logam lainnya. Sebab, bahan yang berlogam akan susah ditembus oleh sinyal sehingga sinyal pun menjadi jelek. Nah untuk bisa mendapatkan kembali sinyal yang bagus, kita bisa membawa smartphone ke luar ruangan.

 

Menggunakan mode pesawat untuk merefresh jaringan

Semua smartphone pasti memiliki mode pesawat kan? Cara yang bisa kamu lakukan untuk mengembalikan sinyal 4G yaitu  dengan mengaktifkan mode pesawat sementara sehingga jaringan seluler pun menjadi OFF. Kemudian, matikan mode pesawat agar jaringan terrefresh.  Dengan trik tersebut, sinyal pun akan lancar.

 

Merestart smartphone

Bukan hanya karena jaringan, sinyal 4G bisa menjadi buruk dikarenakan  perangkat yang digunakan dalam kondisi lemot dikarenakan banyak aplikasi yang berjalan. Nah kita bisa mengatasinya dengan merestart smartphone agar kerja smartphone kembali berjalan lancar.

 

Menggunakan aplikasi penguat sinyal

Memang, penggunaan penguat sinyal atau repeater yang berupa hardware di kalangan masyarakat umum itu dilarang. Namun, tidak bagi penguat sinyal berupa sowftare/aplikasi.  Sebab, penguat sinyal berupa aplikasi memberikan dampak yang sedikit dalam merefresh jaringan secara otomatis. Nah kamu bisa mengunduh salah satu dari banyaknya aplikasi penguat sinyal yang ada di google playstore(untuk android), dan appstore(untuk ios).

Demikian beberapa tips and trik mengembalikan sinyal 4G pada smartphone kamu yang  tiba-tiba menghilang. Semoga bermanfaat ya tipsnya! Atau mau tips keren lainnya. Cek disini.