Tips Merawat Taman Rumah Sederhana Agar Bersih dan Sehat

Merawat taman yang luas atau sederhana tidak semudah yang dibayangkan karena ada banyak faktor yang mempengaruhi kesehatan tanaman. Salah satu diantaranya pemenuhan nutrien yang berbeda-beda.

Contohnya tanaman sukulen yang hanya butuh air dan sinar matahari dalam jumlah sedikit. Namun, tidak perlu cemas, berikut beberapa tips merawat taman rumah sederhana dari jasa tukang taman Jakarta.

1. Menjaga Tanaman Tumbuh Subur

Tanaman dikatakan sehat tumbuh secara subur apabila berkembang dengan mengeluarkan tunas baru, berbunga, dan berbuah. Kesuburan tanaman dipengaruhi oleh nutrien dari tanah dan air.

Usahakan untuk menyiram tanaman secara rutin, berikan pupuk organik, dan sinar matahari agar tanaman melakukan proses fotosintesis. Hasil dari fotosintesis disebarkan ke seluruh bagian tanaman sehingga tanaman mampu tumbuh dengan baik.

Tips-Merawat-Taman-Rumah-Sederhana-Agar-Bersih-dan-Sehat

2. Membersihkan Taman Secara Rutin

Taman yang indah dan sehat tentu saja menjadi tempat yang nyaman untuk bersantai. Bersihkan taman secara rutin dengan mencabut gulma, memotong daun kering, dan membuang sampah.  Apabila ada hewan peliharaan yang buang kotoran di taman, segera bersihkan agar bau tidak sedap hilang.

3. Membersihkan Area Kolam

Ada sebagian orang yang membangun taman sekaligus kolam ikan menjadi satu. Tujuannya agar taman terasa lebih segar dan menenangkan dengan suara gemercik air. Tidak heran kalau air kolam dipenuhi oleh daun, ranting, dan kotoran lain dari tanaman yang rontok.

Sampah tersebut mengganggu kehidupan ikan dan kecantikan taman. Untuk itu, bersihkan taman secara rutin dengan mengganti air kolam, membersihkan pipa, dan sebagainya.

Jangan sampai ikan di dalam kolam mati karena kondisi kolam yang kotor. Agar kolam ikan dan taman terawat, bisa juga menggunakan jasa taman terpercaya yang akan datang ke rumah.

4. Memanggil Ahli Taman

Kegiatan merawat taman tersebut sebenarnya bisa dilakukan sendiri. Namun jika kesibukan tinggi dan tidak ada waktu luang, sebaiknya gunakan jasa tukang taman dan jasa taman profesional.

Tukang taman akan menjaga kebersihan taman sehingga tanaman di dalamnya terhindar dari berbagai penyakit. Jangan khawatir, mereka memiliki pengetahuan dan pengalaman yang banyak dalam merawat taman.

Itulah empat cara merawat taman rumah sederhana seperti di atas. Lakukan secara rutin agar taman tetap bersih, sehat, dan nyaman untuk bersantai bersama keluarga.