Waspada Dengan Kejahatan Dunia Maya Jenis Ini

 

     Ada banyak jenis kejahatan yang ada di dunia maya pada saat sekarang ini dan jenis-jenisnya antara lain,

Menyebarkan konten yang bersifat ilegal

Konten ilegal adalah konten yang berisi data atau informasi yang tidak benar, tidak etis dan bahkan melanggar hukum. Banyak sekali jenis konten ilegal yang tersebar di internet tetapi yang paling sering adalah berita hoax atau konten yang mengandung unsur pornografi.

Akses legal

Pada jenis ini dapat masuk ke dalam akun orang lain tanpa sepengetahuan pemilik akun secara sengaja, yang mengakibatkan kerugian pemiliknya antara lain si pemilik akan kehilangan akun data penting, dan akun dapat digunakan untuk akses kejahatan pemilik untuk menipu orang lain.

Pemalsuan data

Yang berikut ini adalah kejahatan yang memasukkan data pada dokumen penting yang disimpan di internet, salah satu contoh adalah pemalsuan dokumen situs e-commerce yang sengaja dibuat seolah-olah terjadi typo dan menguntungkan si pelaku.

Hacking dan cracking

Cyber crime jenis ini tertuju pada kegiatan mempelajari komputer secara mendetail dan peningkatan kemampuan dalam bidang komputer, tapi tak sedikit yang menyalahgunakan kemampuannya untuk berbuat kejahatan di dunia maya.

Pencurian data

Yaitu  data yang disimpan dari sistem komputer secara ilegal dicuri untuk kepentingan sendiri ataupun dijual ke ke pihak lain yang yang akan berujung pada kejahatan penipuan secara online.

Kartu kredit yang disalahgunakan

Cara ini adalah sang pelaku akan bebas berbelanja dengan menggunakan data identitas kartu kredit yang dimiliki orang lain, yang tentunya sangat merugikan si pemilik kartu yang datanya dicuri.

Mata-mata

Kejahatan jenis ini adalah kejahatan yang memanfaatkan jangan internet untuk masuk ke  jaringan komputer orang lain yang bertujuan untuk memata-matai untuk mencari informasi orang lain.

Saber Squatting

Tindak kejahatan yang berikut ini ialah si pelaku akan mendapatkan domain menggunakan nama perusahaan lain serta menjual kepada perusahaan tersebut dengan harga tinggi.

     Itulah jenis jenis cyber crime yang harus di waspadai, karena akan fatal akibatnya jika kejahatan itu kamu alami. Sebaiknya anda pasang antivirus bisa meminimalkan resiko. Info lengkap kunjungi https://juraganonline.net/