Waspadai 5 Masalah pada Kulkas Anda

Sekarang ini terdapat banyak sekali jenis barang-barang elektronik. Lemari es atau kulkas merupakan salah satu barang elektronik yang memiliki harga yang cukup mahal.

Tetapi akan disayangkan, jika kulkas yang dibeli dengan harga mahal cepat rusak. Jika sudah rusak, maka harus segera menghubungi jasa service kulkas Jakarta Pusat agar kerusakan yang terjadi tidak semakin parah.

Berbagai Masalah Yang Sering Terjadi Pada Kulkas

Waspadai-5-Masalah-pada-Kulkas-Anda

Berikut beberapa masalah pada kulkas yang perlu diwaspadai.

1. Kulkas Mati Total

Kulkas yang mengalami kerusakan mati total biasanya terjadi akibat adanya aliran listrik pada kulkas tidak dapat masuk ke komponen-komponen yang terdapat di dalamnya.

Langkah pertama yang dapat dilakukan adalah melakukan pengecekan kabel, pastikan kabel berfungsi dengan baik.

Jika memiliki Ohm Meter bisa juga digunakan untuk menguji fuse pada kulkas. Apabila kedua cara tersebut sudah dilakukan tapi kulkas tetap mati, maka segera konsultasikan hal tersebut ke jasa service kulkas Jakarta Utara sebelum kerusakan semakin parah.  

2. Kulkas Tidak Dingin

Banyak hal yang dapat menyebabkan kulkas menjadi tidak dingin. Biasanya kerusakan terjadi pada bagian kompresor, kapasitor, atau bahkan refrigeran yang mengalami kebocoran.

Untuk masalah yang satu ini disarankan lebih baik diperbaiki oleh tenaga profesional karena komponen-komponen tersebut cenderung sensitif.

3. Freezer Dingin Tidak Merata

Kemungkinan terbesar saat freezer mengalami kondisi dingin yang tidak merata adalah kerusakan pada refrigan yang mengakibatkan alirannya tersumbat.

Masalah lain yang dapat menjadi penyebab freezer tidak dingin secara merata, yaitu bagian kompresor mengalami kerusakan, ada komponen kulkas yang mengalami kekurangan oli, kurang bekerjanya fungsi heater dan masih banyak lainnya.

Apabila masalah tersebut menimpa kulkas di rumah, maka coba cek bagian refrigan terlebih dahulu karena komponen tersebut merupakan kunci utama kinerja freezer.

4. Freezer Dingin Merata Tetapi Tidak Maksimal

Masalah yang satu ini juga sering menimpa kulkas di rumah. Penyebabnya biasanya terjadi karena kapasitas freezer yang berlebih atau bisa juga terjadi karena komponen evaporator mengalami kerusakan akibat tertumpuk kotoran.

Akibatnya freezer tidak dingin maksimal, hal ini dapat dilihat dengan jelas saat es pada freezer sulit membeku.

5. Chiller Tidak Dingin

Hal ini terjadi karena adanya penyumbatan akibat endapan kotoran dari makanan sisa atau bunga es.

Langkah mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan membersihkan filter yang menghubungkan freezer dengan chiller pada kulkas.

Jika masih terjadi keluhan, konsultasikan dengan jasa service kulkas Jakarta Pusat yang akan membantu dengan cepat mengatasi masalah kerusakan kulkas anda di rumah.