WOW! Ternyata 5 Makanan Indonesia Ini Ada Hubungannya dengan Belanda

Siapa yang tidak mengenal negara Belanda. Negara yang dijuluki sebagai negeri kincir angin ini memang salah satu negara yang cukup berpengaruh di Eropa.

Indonesia dan Belanda memiliki hubungan yang cukup lama, karena dulu Belanda pernah menjajah Indonesia cukup lama yaitu sekitar 3,5 abad.

Tidak heran dengan waktu selama itu, pasti banyak budaya-budaya Belanda yang mempengaruhi bangsa Indonesia seperti banyak kosakata yang diadaptasi, hingga bangunan-bangunan bersejarah yang masih banyak berdiri hingga saat ini.

Begitu pula dengan kuliner, ternyata banyak sekali loh makanan-makanan Indonesia yang sering kita makan itu diadaptasi dari kuliner-kuliner khas Belanda.

1. Kue Lapis Legit

Kue lapis legit merupakan kue yang sangat terkenal dan populer di Indonesia.

Namun, kue lapis legit ini awalnya terinspirasi dari salah satu kue lapis khas Belanda yaitu spekkoek. 

Dahulu pada masa kolonial Belanda, kue spekkoek ini banyak didatangkan dan dibuat orang Belanda, nah dari situ lah orang Indonesia mulai meniru dan memodifikasai dengan menggunakan bahan-bahan dan rempah-rempah lokal dan jadilah kue lapis legit yang terkenal hingga sekarang.

2. Perkedel

Perkedel merupakan makanan khas Indonesia yang cukup populer sebagai lauk, atau teman makan.

Olahan makanan yang berbahan dasar kentang ini memang banyak variasinya di dunia, dari yang mengkombinasikannya dengan daging, dan lainnya.

Namun untuk sejarah perkedel di Indonesia, makanan yang satu ini juga mengadaptasi dari makanan Belanda yang bernama frikadeller.

Frikadeller merupakan makanan dengan olahan kentang dan campuran daging. Makanya tak heran jika kita mudah untuk mengikuti resepnya, dan membuatnya sendiri dengan cita rasa khas Indonesia.

3. Kue Cubit

Kue cubit, atau saudara dekat dengan kue pukis ini merupakan hidangan yang cukup populer di Indonesia sebagai camilan dengan kopi atau pun teh hangat.

Namun kue cubit yang super enak ini merupakan adaptasi dari hidangan Belanda yang bernama poffertjes.

Poffertjes sendiri merupakan makanan khas negeri kincir angin yang berbentuk seperti panekuk  yang berukuran mini. Kue cubit dengan kue poffertjes menggunakan bahan-bahan yang sama, namun dalam penyajiannya kedua makanan ini berbeda.

Poffertjes disajikan dengan taburan gula halus di atasnya, namun kue cubit yang kita kenal hingga sekarang ini disajikan dengan beraneka topping seperti cokelat, keju dan lain-lain.

4. Semur

Semur, hidangan rumahan yang sering dinantikan untuk disantap bersama keluarga ini merupakan salah satu masakan andalan Ibu di rumah.

Namun, hidangan Indonesia yang mungkin kita kira merupakan hidangan otentik asli Indonesia, ternyata juga diadaptasi dari Belanda.

Yup, hidangan itu bernama smoor, smoor dalam bahasa belanda berarti rebusan. Dalam hidangan aslinya, smoor merupakan rebusan yang berisi aneka daging, tomat, dan bawang bombay.

Namun, semur khas Indonesia memiliki banyak variasi di berbagai daerah yang membuat beragam aneka cita rasa semur yang nikmat.

5. Kroket

Satu lagi makanan Indonesia yang diadaptasi dari hidangan Belanda yaitu kroket.

Di Belanda, hidangan ini disebut croquette, sangat mirip bukan?

Croquette sendiri merupakan makanan dari olahan kentang namun berbeda dengan perkedel, croquette dibuat dengan bahan dasar kentang tumbuk yang diberi isian ragout, yang adalah aneka campuran bahan seperti wortel, daun bawang, seledri dan daging cincang yang diberi tepung terigu sebagai pengental.

Di Indonesia, kroket sendiri diberi isian daging yang sudah dicincang dan dibumbui, sehingga menghasilkan cita rasa yang dalam dan khas rempah Indonesia.